Pengelolaan
fasilitas-fasilitas pelayanan publik menjadi sesuatu hal yang penting untuk
menunjang keberlangsungan suatu usaha. Fasilitas-fasilitas umum yang baik dan
memadai akan menimbulkan kesam positif bagi orang yang menggunakannya. Terlebih
lagi pada Bandar Udara, dimana kualitas pelayanan yang prima menjadi prioritas
utama yang harus diberikan oleh bandara terhadap para pelanggannya.
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana mengoptimalkan fasilitas umum di Bandar udara .............. dalam memenuhi pelayanan terhadap kenyamanan pengunjung dan calon
penumpang, selain itu untuk mengetahui faktor penghambat dalam mengelola
fasilitas umum sehingga beberapa fasilitas umum tersebut tidak layak untuk
digunakan serta untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan
pihak pegawai Bandar udara kepada calon penumpang dan pengunjung. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan teknik observasi,
wawancara dan studi pustaka. Subjek penelitiannya adalah Bandar Udara ..............
Berdasarkan
penelitian yang dilakukan, bahwa fasilitas umum yang dimiliki oleh bandara
dinilai kurang baik dan kurang memadai, hal ini terjadi karena kurang baiknya
pengelolaan yang dilakukan oleh pihak bandara terhadap fasilitas-fasilitas
tersebut seperti kualitas WC umum dan sarana ibadah yang tidak bersih, selain
itu pada jam-jam padat pengujung banyaknya sampah yang berserakan disana sini
serta tata letak parkir kendaraaan yang tidak teratur. Untuk mengatasi hal-hal
tersebut, pihak bandara harus melakukan pengawasan yang intensif terhadap
fasilitas tersebut, melakukan pembesihan WC dan Musaholla secara rutin,
mengatur tata parkir kendaraan dengan baik yakni dengan menempatkan personil
untuk mengaturnya sehingga terciptanya suasana yang kondusif untuk kenyamanan
para pengunjung bandara.
Kesimpulan dari
penelitian ini adalah : (1) Bahwa pengelolaan fasilitas umum yang ada di
bandara masih belum dilakukan secara maksimal, seperti pengelolaan WC umum,
mushollah, parkir kendaraan, pengelolaan sampah dan lain sebagainya; (2) Bahwa saat ini banyak para pengunjung bandara
yang merasa tidak puas dengan fasilitas umum yang ada dibandara, hal ini sangat
mempengaruhi kenyamanan mereka di badnara; (3) Bahwa
untuk terciptanya fasilitas yang baik, maka harus didukung oleh pengelolaan
yang baik pula seperti penambahan jumlah tempat sampah, menempatkan petugas
khusus di area parkir, melakukan pembersihan terhadap lingkungan bandara dan WC
secara rutin serta upaya-upaya lainnya agar terciptaya kenyamanan, ketertiban
dan kelancaran aktifitas di bandara.
No comments:
Write komentar