BANK Transfer

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 889-509-059-6
An. Sumantri

PERANAN FASILITAS PELAYANAN UMUM BANDAR UDARA TERHADAP KENYAMANAN PENUMPANG PADA BANDAR UDARA .......Rp. 150.000

 



Pengelolaan fasilitas-fasilitas pelayanan publik menjadi sesuatu hal yang penting untuk menunjang keberlangsungan suatu usaha. Fasilitas-fasilitas umum yang baik dan memadai akan menimbulkan kesam positif bagi orang yang menggunakannya. Terlebih lagi pada Bandar Udara, dimana kualitas pelayanan yang prima menjadi prioritas utama yang harus diberikan oleh bandara terhadap para pelanggannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan fasilitas umum di Bandar udara .............. dalam memenuhi pelayanan terhadap kenyamanan pengunjung dan calon penumpang, selain itu untuk mengetahui faktor penghambat dalam mengelola fasilitas umum sehingga beberapa fasilitas umum tersebut tidak layak untuk digunakan serta untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan pihak pegawai Bandar udara kepada calon penumpang dan pengunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Subjek penelitiannya adalah Bandar Udara ..............
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bahwa fasilitas umum yang dimiliki oleh bandara dinilai kurang baik dan kurang memadai, hal ini terjadi karena kurang baiknya pengelolaan yang dilakukan oleh pihak bandara terhadap fasilitas-fasilitas tersebut seperti kualitas WC umum dan sarana ibadah yang tidak bersih, selain itu pada jam-jam padat pengujung banyaknya sampah yang berserakan disana sini serta tata letak parkir kendaraaan yang tidak teratur. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, pihak bandara harus melakukan pengawasan yang intensif terhadap fasilitas tersebut, melakukan pembesihan WC dan Musaholla secara rutin, mengatur tata parkir kendaraan dengan baik yakni dengan menempatkan personil untuk mengaturnya sehingga terciptanya suasana yang kondusif untuk kenyamanan para pengunjung bandara.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Bahwa pengelolaan fasilitas umum yang ada di bandara masih belum dilakukan secara maksimal, seperti pengelolaan WC umum, mushollah, parkir kendaraan, pengelolaan sampah dan lain sebagainya; (2) Bahwa saat ini banyak para pengunjung bandara yang merasa tidak puas dengan fasilitas umum yang ada dibandara, hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan mereka di badnara; (3) Bahwa untuk terciptanya fasilitas yang baik, maka harus didukung oleh pengelolaan yang baik pula seperti penambahan jumlah tempat sampah, menempatkan petugas khusus di area parkir, melakukan pembersihan terhadap lingkungan bandara dan WC secara rutin serta upaya-upaya lainnya agar terciptaya kenyamanan, ketertiban dan kelancaran aktifitas di bandara.

Kata kunci : Palayanan, Fasilitas Umum.

No comments:
Write komentar
>