BANK Transfer

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 889-509-059-6
An. Sumantri

FUNGSI KOMPETENSI PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PERKANTORAN PADA BADAN KESATUAN BANGSA, POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT KABUPATEN ....... Rp. 150.000

 



Sumber daya manusia  adalah  kunci pokok yang harus diperhatikan dengan segala kebutuhannya dalam setiap kegiatan perusahaan. Hal ini dikarenakan manusia adalah salah satu sumber daya yang penting di dalam  organisasiatau perusahaan. Keberhasilan organisasi sangat ditentukan oleh kualitas orang-orang yang bekerja di dalamnya. Rendahnya kualitas sumber daya manusia dalam organisasi  menyebabkan turunnya efektifitas kerja  yang secara tidak langsung ditentukan oleh kompetensi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dan peranan kompetensi pegawai yang terdiri dari knowledge, skill,  dan attitudeterhadap efektivitas kerja pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten ...., untuk mengetahui faktor yang menjadi pengambat dalam upaya meningkatkan kompetensi pegawai dan mengetahui upaya-upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Subjek penelitiannya adalah Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten ....... yang beralamat di Jalan ....................
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, tingkat kinerja para pegawai di Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten .......  masih belum maksimal, hal ini ditunjukkan dengan adanya pegawai yang sering terlambat masuk kantor serta ada kecenderungan pegawai  menunda  pekerjaan,  menunggu perintah atasan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas kinerja pegawai, maka instansi tersebut perlu mengembangkan model kompetensi yang berintegrasi dengan tolak ukur penilaian kinerja berdasarkan  knowledge  (pengetahuan),  skill (keterampilan) dan attitude (sikap) yang  dimiliki oleh setiap pegawai agar dapat mempermudah di dalam melaksanakan  tugas dan tanggung jawabnya secara efektif yang dapat dijadikan dasar  pengembangan Sumber Daya Manusia.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Kompetensi sangat mempunyai peranan yang besar dalam upaya peningkatan efektivitas PNS, semakin baik tingkat kompetensi pegawai yang meliputi pengetahuan, kemampuan, pemahaman dan sikap, maka akan dapat mempengaruhi kualitas dan efektivitas kinerja PNS; (2) Banyak faktor yang menghambat dalam peningkatan kinerja salah satunya adalah terbatasnya alokasi dana untuk peningkatan kompetensi pegawai melalui pendidikan dan pelatihan; (3) Harus melakukan berbagai upaya untuk meingkatkan kompetensi pegawai seperti pendidikan dan pelatihan, penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan tugas pekerjaannya serta memperbaiki sikap, etika dan moralitas para pegawainya.

Kata kunci : Pegawai, Kompetensi, Efektifitas Kerja.

No comments:
Write komentar
>